fbpx

Bahana Inspirasi Muda Kirim 70 Tenaga Perawat Bekerja di Jepang

KBRN, Bandung : Sedikitnya 70 orang lulusan siswa pelatihan Bahana Inspirasi Muda program IJEPA TA 2016-2017, siap diberangkatkan untuk bekerja sebagai tenaga kesehatan di Jepang. Komisaris utama PT Bahana Inspirasi Muda Drg. Arsad Efendy MM mengungkapkan, ke 70 orang lulusan dari Bandung itu nantinya akan bergabung dengan siswa lainnya, untuk bekerja sebagai perawat di negara Matahari Terbit.

Menurutnya, PT Bahana Inspirasi yang merupakan pioner penyalur dan melatih tenaga kerja kesehatan atau perawat, sudah berulang kali mengirimkan siswa didiknya untuk bekerja sebagai tenaga kesehatan di Jepang.

“Program kita ini adalah mendukung program pemerintah kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Jepang. IJEPA Ini belum banyak yang tahu dan juga banyak lulusan perawat di Indonesia yang sulit mendapatkan pekerjaan. Padahal Jepang sangat membutuhkan cukup banyak tenaga kesehatan,”ungkap Arsad kepada Radio Republik Indonesia usai acara pelepasan siswa pelatihan Bahana Inspirasi Muda program IJEPA TA 2016-2017 di Bandung, Senin (20/11/20170).

Ia juga mengatakan, pihaknya juga melihat fenomena banyak lulusan tenaga perawat atau kesehatan yang penghasilannya belum layak serta tidak mengetahui dan memanfaatkan adanya Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA).

“Ternyata proses seleksinya berat. Sehingga anak-anak yang lulus dari sekolah perawat ikut seleksi IJEPA kebanyakan gugur, padahal quota dari Jepang cukup besar. Saya prihatin, kemudian bersama teman yang lain membuat upskill training, dengan formula yang dikehendaki oleh pihak Jepang,”jelasnya.

Formula tersebut lanjut Arsad kemudian di jadikan kurikulum dan hasilnya cukup memuaskan. Hampir semua siswa yang mengiktui pelatihan di PT Bahana Inspirasi Muda, dapat lolos bekerja di Jepang sebagai tenaga keperawatan.

“Alhamdullilah dari 14 orang siswa kami ditahun 2014 lolos ke Jepang, kemudian menyusul siswa 3 angkatan di 2015 lolos lagi hingga 2017 ini. Sekarang kami sudah langsung bekerjasama dengan pihak Jepang dan bahkan ada yang sukarela mengajar. Selain itu juga pihak BN2TKI kini memberikan dukungannya dan juga ada sekolah tinggi perawat di Jepang yang membuka program beasiswa untuk lulusan kami,”pungkasnya.(AZ)

Latest Post

324 Siswa Lulusan LPK Bahana Inspirasi Muda, Berangkat Kerja ke Jepang

Mei 30, 2018

PT Bahana Inspirasi Muda Buka Peluang Bagi yang Ingin Jadi Perawat di Jepang

Mei 30, 2018

Bahana Inspirasi Muda Kirim 70 Tenaga Perawat Bekerja di Jepang

April 17, 2018